Foto Panoramik

Pada saat kita pergi ke dokter gigi biasanya dalam melakukan perawatan pada gigi kita dokter gigi akan meminta foto rontgen dari perawatan sebelumnya atau meminta untuk melakukan foto rontgen baru. Hal ini perlu dilakukan biasanya untuk menunjang keberhasilan perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi tersebut. Perawatan-perawatan apa sajakah yang biasanya membutuhkan foto rontgen pada gigi, yaitu:

  1. Perawatan Orthodontik. Perawatan orthodontik memerlukan foto rontgen gigi biasanya pada fase gigi pergantian untuk mengetahui benih gigi yg belum tumbuh dan juga benih gigi yang tidak ada. Ini bertujuan untuk menentukan rencana perawatan.
  2. Perawatan Endodontik. Pada perawatan saluran akar pada gigi perlu dilakukan foto rontgen untuk mengetahui panjang akar gigi yang dirawat tersebut sehingga keberhasilan perawatannya akan maksimal.
  3. Perawatan Prostodontik. Pada perawatan pembuatan gigi palsu yang melibatkan tulang rahang seperti implan sangat dibutuhkan adanya foto rontgen, agar diketahui ketebalan tulangnya dan tingkat keberhasilan perawatannya.
  4. Perawatan Bedah Mulut. Pada kasus-kasus gigi impaksi atau yang terpendam di belakang gigi geraham biasanya dibutuhkan foto rontgen untuk mengetahui posisi, letak dan ukuran gigi sehingga mempermudah proses pencabutan

Di atas merupakan beberapa perawatan yang biasanya membutuhkan foto rontgen pada gigi. Yang paling sering dilakukan biasanya yaitu foto panoramik karena terlihat secara menyeluruh susunan gigi dan tulang rahang, tetapi ada juga foto dental yang hanya meliputi beberapa gigi.

Leave a Comment