Semua orang pasti menginginkan gigi putih dan bersih seperti di iklan pasta gigi. Namun warna gigi rata-rata orang Indonesia kekuningan, hal ini bisa dikarenakan konsumsi antibiotik tertentu atau faktor genetik dan juga karena pola makan atau kebiasaan tertentu yang bisa membuat warna gigi menjadi kekuningan. Sebenarnya warna gigi asli yaitu putih kebiruan dan agak tembus pandang.

Lapisan terluar gigi disebut enamel ini yang berwarna agak tembus pandang, lapisan di bawahnya disebut dentin, lapisan ini berwarna agak kekuningan. Makanya apabila enamelnya terkikis maka warna gigi terlihat agak kekuningan.

Salah satu hal yang dapat mengikis enamel yaitu kebiasaan minum kopi yang berlebihan dan terus menerus. Karena didalam kopi terkandung kafein yang bersifat asam yang dapat mengikis enamel. Dan ketika enamel terkikis, noda kopi akan mudah menempel di gigi. Sehingga warnanya bisa kecoklatan sampai kehitaman.

Hal ini akan diperparah apabila mengonsumsi kopi dengan gula yg berlebihan. Gula dapat meningkatkan keasamannya dan kuman akan semakin berkembang banyak, jadi selain bikin gigi kekuningan juga bisa membuat gigi berlubang dan masalah gigi lainnya.

Jadi cara sehat minum kopi yaitu mengonsumsi tidak berlebihan dan apabila setelah minum kopi disarankan untuk minum air putih atau berkumur air putih atau akan lebih bagus lagi apabila menyikat gigi. Dan tidak lupa juga pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi.

Jaga kesehatan dan kebersihan gigimu yahhh…

Leave a Comment