Tooth Cleaning

Karang gigi atau dental calsulus adalah penumpukan plak yang terbentuk dari sisa makanan yang mengandung bakteri dan mengendap. Sisa makanan ini menempel pada gigi dalam jangka waktu lama hingga akhirnya mengeras membentuk karang gigi.

Tumpukan plak biasanya membutuhkan waktu selama 12 hari untuk matang dan benar-benar menjadi karang gigi. Kecepatan pembentukan karang gigi dari setiap orang sebenarnya berbeda-beda.

Salah satu penentunya adalah kadar pH air liur. Bagi orang yang memiliki pH air liur tinggi (di atas 7) atau bersifat basa, maka terjadinya pembentukan plak dalam gigi lebih cepat sehingga harus lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan gigi. Tiap orang kecepatan pembentukan plaknya tidak sama rata-rata 12 hari sampai 6 bulan. Jadi perlu dilakukan pembersihan karang gigi setiap 6 bulan sekali agar karang gigi tidak sampai merusak gigi maupun jaringan penyangga gigi.

Tujuan pembersihan karang gigi agar karang gigi tidak sampai merusak jaringan penyangga gigi yaitu gusi dan tulang rahang. Apabila jaringan penyangga gigi rusak yang terjadi adalah gigi akan goyang walaupun gigi tidak berlubang. Apabila gigi sudah goyang derajat 3 atau goyang apabila digerakkan dengan lidah maka gigi tersebut sebaiknya dicabut.

Jadi jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan gigi utamanya pembersihan karang gigi setiap 6 bulan sekali yahhhhh….

Leave a Comment