Tambal gigi adalah perawatan yang dilakukan untuk mengisi gigi berlubang (karies) yang terjadi akibat pembentukan plak di gigi. Tindakan ini merupakan salah satu prosedur yang paling umum dilakukan, dan pasien dapat memilih metode penambalan serta bahan tambalan yang akan digunakan.

Gigi berlubang muncul ketika bakteri di dalam mulut memproduksi zat asam yang berfungsi untuk mencerna makanan, bergabung dengan sisa makanan serta air liur dan membentuk plak di gigi. Kondisi ini merupakan tanda-tanda awal kerusakan gigi. Jika tidak segera mendapatkan perawatan, maka kerusakan akan terus berlangsung, bukan hanya mengakibatkan gigi berlubang, tetapi dapat menyebabkan infeksi serta gangguan kesehatan lainnya.

Prosedur tambal gigi memiliki beberapa tujuan dan manfaat, antara lain:

  • Mengembalikan bentuk dan fungsi gigi yang mengalami kerusakan
  • Mengurangi jumlah bakteri aktif di dalam mulut
  • Mempertahankan struktur gigi dan memperpanjang usia gigi
  • Mempertahankan bentuk tulang rahang dan kontur wajah
  • Memperbaiki gigi yang retak, patah, atau terkikis akibat kebiasaan tertentu, seperti menggigit kuku atau menggertakkan gigi

Selain untuk mencegah gigi berlubang semakin parah dan mengurangi fungsi pengunyahan, tambal gigi estetik berfungsi juga untuk mengembalikan bentuk dan ukuran gigi seperti semula. Bahan tambal yang kami gunakan pun disesuaikan warnanya dengan gigi aslinya. Sehingga gigi tersebut kembali utuh dan secara estetik terlihat bagus.

Leave a Comment