Jl. Terusan Borobudur Ruko Barat Istana Buah Kav F Lowokwaru Malang

Pembersihan Karang Gigi

Karang gigi merupakan salah satu masalah gigi yang kadang masih disepelekan, tapi bisa berbahaya jika didiamkan. Karang gigi atau dalam bahasa medis disebut dengan dental calculus, merupakan salah satu masalah gigi yang paling sering dimiliki banyak orang. Karang gigi adalah penumpukan plak yang terbentuk dari sisa makanan yang mengandung bakteri dan mengendap. Sisa makanan ini menempel pada gigi dalam jangka waktu lama hingga akhirnya mengeras membentuk karang gigi.

Tumpukan plak biasanya membutuhkan waktu selama 12 hari untuk matang dan benar-benar menjadi karang gigi. Kecepatan pembentukan karang gigi dari setiap orang sebenarnya berbeda-beda.Salah satu penentunya adalah kadar pH air liur. Bagi orang yang memiliki pH air liur tinggi (di atas 7) atau bersifat basa, maka terjadinya pembentukan plak dalam gigi lebih cepat sehingga harus lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan gigi.

Biasanya karang gigi terbentuk di atas atau garis gusi Anda. Oleh karena itu, cara membersihkan karang gigi berbeda dengan plak yang bisa dibersihkan hanya dengan gosok gigi saja. Membersihkan karang gigi dilakukan dengan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler. Kegiatan membersihkan karang gigi ini dinamakan scaling gigi yang hanya dilakukan oleh dokter gigi. Dengan scaling gigi, karang gigi yang sangat keras sekalipun dapat hilang.

Alat khusus ini bekerja membersihkan karang gigi dengan sangat detail, dari sela-sela hingga bagian terdalam gigi. Scaling gigi akan menghilangkan karang gigi dari bagian garis gusi yang biasanya sulit dijangkau dengan sikat gigi. Membersihkan karang gigi dengan scaling biasanya dilakukan minimal enam bulan sekali. Inilah mengapa memeriksa gigi rutin dan teratur enam bulan sekali itu penting.

Pemeriksaan rutin setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi ini dilakukan untuk mengecek segala perubahan yang terjadi pada gigi Anda, salah satunya kondisi penumpukan karang gigi. Namun, pada kasus yang berat, scaling gigi bisa dilakukan tiga bulan sekali atau sesuai dengan anjuran dokter Anda. Saat membersihkan gigi dengan cara scaling, bukan tidak mungkin akan timbul pendarahan, hal ini dikarenakan pada gusi yg terdapat karang gigi terjadi peradangan sehingga mudah berdarah. Jadi apabila gusi mudah berdarah saat menggosok gigi segera periksakan ke dokter gigi untuk dilakukan perawatan scaling.

Leave a Comment





Platform Buat Website Cepat. Abuse Report